Skill Wajib untuk Seorang Master of Ceremony (MC)

Keterangan Foto:
Seorang perempuan saat ditunjuk menjadi MC pada acara pertemuan Airin Rachmi Diany dengan warga Desa Beberan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Rabu 15 Februari 2023. Dok/Foto:Yudi.

Coba Anda lihat pada sebuah acara, apakah itu pernikahan, event politik, bisnis dan sosial maka sebelum mata audiens mengarah ke orang utama pasti akan tertuju pada sosok MC.

Menjadi Master of Ceremony (MC) gampang - gampang susah karena itu seorang MC harus memiliki skill wajib sehingga bisa mengatur jalannya acara sesuai dengan konsep acara. Berikut ini skill wajib yang harus dimiliki seorang MC.

Pertama, Public Speaking yang baik sehingga susunan kata dan kalimatnya mudah difahami oleh audiens. Kalau audiens faham dengan apa yang disampaikan seorang MC maka akan masuk dan diterima oleh audiens sehingga pesannya tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran.

Skill ini wajib dimiliki seorang MC karena dia akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Coba Anda lihat pada sebuah acara, apakah itu pernikahan, event politik, bisnis dan sosial maka sebelum mata audiens mengarah ke orang utama pasti akan tertuju pada sosok MC.

Kedua, Psikologi Massa. Ini juga menjadi skill wajib berikutnya bagi seorang MC. Mengapa psikologi ini penting? Karena seorang MC harus bisa menghidupkan suasana. Ketika jam - jam ngantuk maka seorang MC harus bisa membuat mereka melek, ketika suasananya datar maka seorang MC harus bisa menghangatkan suasana.

Itulah mengapa skill psikologi massa itu menjadi penting dan wajib dimiliki seorang MC agar audiens merasa hidup dan bisa mengikuti acara dengan baik.

Dan ketiga adalah Skill Komunikasi. Ini satu skill yang tidak boleh tidak ada, harus ada karena Anda ketika menjadi MC harus tahu konsep acara, pihak mana saja yang harus Anda ajak bicara dan lain sebagainya.

Ketika Anda diam dan tidak bisa melakukan komunikasi dengan baik maka ini akan menjadi masalah serius. Anda harus bisa komunikasi dengan penyelenggara, audiens dan pihak yang terkait suksesi acara tersebut dan ada kaitannya dengan tugas Anda sebagai seorang MC.

Demikian tiga skill wajib bagi seorang MC sehingga bisa mengelola acara sesuai dengan tugasnya sebagai seorang MC, Selamat Mencoba ! 

Posting Komentar