Melatih Perjuangan Sejak Belia

Kakak Fadia saat mengikuti Tes Seleksi SMA Unggulan di SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School (CMBBS) di Kabupaten Pandeglang, Sabtu 17 Maret 2023. Dok/Foto:Karnoto

Saya bersyukur diusiamu yang belia, kamu sudah faham dan mengerti arti sebuah perjuangan.  
Kamu memang didesain bukan untuk jadi anak manja karena kamu anak pertama yang akan jadi tumpuan dan tempat curhat adik adikmu, meski kamu cewe. Kamu sudah beberapa kali melewati perjuangan demi perjuangan dan kamu lulus dengan baik.

Kamu memang didesain dalam situasi hidup tidak terfasilitasi semua. Untuk lulus SD kamu harus melewati tiga sekolah. Hebatnya kamu tak mengeluh atau meratapi tapi kau tetap berdiri tegak sampai akhirnya kamu sekarang punya mimpi besarmu.

Kami tahu karakter kamu anaknya kompetitif, kamu baru akan semangat ketika punya lawan maka kami bekerja keras untuk menemepatkan kami pada situasi lingkungan sekolah yang punya kompetisi, bukan asal sekolah. Ini kami sadar betul karakter dia.

Tiga sekolah dengan latarbelakang berbeda itu membuat kamu mengerti dan bisa membandingkan soal konsep sekolah. Dan ini yang membakar ambisimu. Kamu harus punya ambisi, tapi bukan ambisus.

Ketika nama kamu disebut karena nilaimu tertinggi di kelas, sengaja saya tidak berdiri di sampingmu, saya biarkan kamu jalan sendiri, saya hanya melihat dari kejauhan.karena saya percaya kamu sudah jadi anak mandiri, bisa menentukan mana jalanmu yang terbaik.

Saya ajari juga kamu soal politik atau strategi karena kamu harus sadar bahwa kita hidup di Indonesia, tidak cukup dengan kepintaran akademik tapi juga harus faham sosial politik.

Tujuan saya supaya kamu kelak faham dan tidak jadi korban politik. Tidak harus jadi politisi tapi kamu harus faham soal politik supaya tidak jadi korban politik.

Saya dan istri memang berbagi peran untuk membentuk karakter dia, soal akademik menjadi urusan emaknya tapi soal ilmu sosial menjadi tanggungjawab dan dia sudah tahu skill kami berdua.

Dan perjuangan itu masih akan berlanjut termasuk sekarang untuk mendapatkan komunitas terbaik mengembangkan fikiranmu, mimpimu dan saya percaya kelak kamu akan bisa mengatakan kepada kami.

"Terima kasih atas pendidikan soal perjuangan selama ini, sekarang saatnya giliran saya dan adik adik saya berjuang untuk kalian berdua,"

Posting Komentar